Kamis, 22 Januari 2009

Hans Christian Andersen


Hans Christian Andersen (1805-1875) adalah penulis dongeng berkebangsaan Denmark. Dua buah dongengnya yang terkenal adalah “Anak Itik yang Buruk Rupa” dan “Putri Laut yang Mungil”.
Sebagai anak-anak, Andersen kurang mendapat pendidikan. Namun dia penuh daya khayal dan senang mendengarkan dongeng dan cerita rakyat yang diceritakan oleh ayah dan neneknya. Pada usia 14 tahun ia meninggalkan rumahnya di Odens dan pergi ke Kopenhagen. Dia ingin menjadi aktor, penyanyi atau penari tetapi dalam bidang-bidang tersebut ia kurang berhasil. Akhirnya ia menyelesaikan sekolahnya dan menjadi penulis. Novelnya yang pertama – yang diterbitkan tahun 1835 – banyak penggemarnya dan dia menulis beberapa buku lagi. Ia juga menulis sajak, sandiwara, dan kisah perjalanan.
Hal yang membuat Andersen terkenal adalah dongeng-dongengnya. Empat buah ditulisnya ketika dia berumur 30 tahun dan 164 lagi sebelum dia meninggal dunia. Dongengnya dibaca anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia. Kini pengunjung pelabuhan kobenhagen dapat melihat patung “Putri Laut yang Mungil”, yang dipasang rakyat Denmark untuk menghormati Andersen.


PATUNG "PUTRI LAUT YANG MUNGIL"




fr0m Disney's EyP....

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger